Petunjuk dari Sejarah Yang Hilang….


Poneglyph

Poneglyphs menyimpan informasi yang terhubung satu sama lain

 
Poneglyph diterjemahkan sebagai “Teks Sejarah” adalah blok batu misterius dengan sejarah tertulis dalam tulisan aneh dan tersebar di antara pulau-pulau di Grand Line. Satu-satunya orang yang tersisa yang dapat membaca Poneglyph adalah Nico Robin.
Blok ini ditulis dengan script dari bahasa kuno. Masing-masing menceritakan sepotong sejarah lama yang terlupakan. Sejarah ini menyebutkan setidaknya ada dua senjata pemusnah massal yaitu Pluton dan Poseidon. Ada dua jenis poneglyphs yaitu pone yang berisi informasi tentang letak poneglyphs yang lain dan pone yang berisi catatan dari “Sejarah yang Sesungguhnya”. Poneglyphs sendiri pertama x muncil di OP ketika zoro terjerembab jatuh kedalam ruangan rahasia di padang gurun Alabasta, kemudian ia memperhatikan sebuah benda aneh yg berisi simbol2.
Pone adalah benda sejarah yg di wariskan turun temurun, dimana ahli warisnya di tugaskan untuk yang menjaga poneglyphs dari orang-orang yang berusaha untuk menghancurkannya.  Untuk mencegah fakta-fakta sejarah ini hilang.
Para Pemerintah Dunia melakukan penelitian dan menguraikan poneglyphs untuk mencapai dan Rio Poneglyph yang merupakan tujuan akhir dari Nico Robin. Robin menyatakan bahwa dalam rangka untuk maju ke depan, orang harus mengambil bagian-bagian yang lain agar bisa membaca bagian dari poneglyphs dan mereka bias menemukan perjalanan ke Raftel. Hal ini juga telah diungkapkan bahwa Gol D. Roger mampu membacanya karena ia bisa mendengar “suara dari segala sesuatu”. Dia sebenarnya berhasil mengungkap jalan itu. Pasangan pertama Roger, Silvers Rayleigh, menyebutkan bahwa dia tahu apa Void Century itu, Void Century adalah pemecah dari misteri poneglyphs. Dia mengakui bahwa dia mengatakan hal yang akan mengambil dampak atau interpretasi lebih lanjut dari sejarah yang hilang. Dia memberitahu Robin untuk mencari tahu tentang poneglyphs dan menarik kesimpulan sendiri, tentang sejarah.

 1. Poneglyps yang sejauh ini pernah ditemukan

a.  Poneglyph di Alabasta

Poneglyphs di Alabasta

Ada satu poneglyph di Alabasta, salah satunya yang ditemukan di bagian bawah tanah kuil di Alubarna. Ini adalah poneglyph pertama kali yang terlihat dalam seri One Piece ini, Tidak seperti  di skypea yang  dijaga oleh orang-orang untuk melindungi informasi yang terkandung, letak pone ini tersembunyi. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan keberadaannya dari orang-orang  yang tidak tepat. Poneglyph ini diduga  menceritakan lokasi Pluton. Sayangnya Robin tidak tertarik dengan pluton, sehingga tidak membeberkannya, bahkan ketika ia setelah itu menjadi anggota SHP.

b. Poneglyph di Skypea

Poneglyphs di Skypea

Poneglyph dari Shandians yang terletak di Skypiea. Robin menemukan bahwa di lokasi ini poneglyphs  bukan hanya satu tapi dua poneglyphs. poneglyph pertama memiliki pesan untuk menemukan poneglyph kedua, sedangkan poneglyph kedua menyimpan informasi tentang abad hilang. Poneglyph pertama Skypiea terletak di reruntuhan dan Robin menemukannya di Taman Atas. Poneglyph kedua merupakan bagian dari Shandorian Golden Belfry. Poneglyph ini berbicara tentang bagaimana untuk menemukan senjata yang lain, Poseidon, hal itu terjadi di Pulau Fishman dan di ungkapkan oleh seorang Putri Mermaid. Gol D. Roger juga sebelumnya menemukan poneglyph ini dan meninggalkan pesan yang berisi siapa saja yang bisa membaca poneglyphs harus melanjutkan terus untuk mencari sejarah yang hilang.

c. Poneglyph di Ohara

Poneglyphs di Ohara

Terletak di Ohara, poneglyph ini memuat informasi tentang Void Century, peradaban yang hilang. Pemerintah Dunia menganggap para arkeolog Ohara  mempelajari hal yang berbahaya lalu menggunakan Buster Call untuk menghancurkan pulau Ohara, Nico Robin menjadi satu2nya orang yg tersisa. Tidak diketahui apakah poneglyph selamat dari serangan itu. Namun, mengingat bahwa Profesor Clover telah menyatakan bahwa poneglyphs tertulis di atas batu dan kemungkinan masih ada.

d.  Poneglyph di FishMan Island

Poneglyphs di Fishman Island

Poneglyph ini terletak di hutan belakang Hutan Laut di Kerajaan Ryugu. Robin percaya bahwa hal itu mungkin menyimpan informasi penting untuk memahami Void Century. Ketika Robin menemukannya, ia berkata bahwa poneglyphs ini berbeda dari poneglyphs lain yang pernah ditemukan olehnya. Bunyinya lebih mirip seperti sebuah surat permintaan maaf dari teks historis utama. Pesan itu ditulis oleh seorang pria yang dikenal sebagai “Boy Joy”.  Pesan itu secara garis besarnya berisikan ramalan tentang Noah yg akan hanya bergerak saat waktunya tiba, dan sampai sekarang belum ada penjelasan lebih lanjut.

e. Unnamed Poneglyph
Ketika masih kecil, Robin menemukan poneglyph di area hutan. Lokasi yang sebenarnya masih belum terungkap, poneglyph itu tidak bernama dan isinya tidak diketahui.

 2. Rio Poneglyph

Menurut Robin, Rio Poneglyph secara harfiah diterjemahkan sebagai “Teks dari ‘Sejarah yang sebenarnya‘” merupakan pesan yang dimuat oleh semua poneglyphs sepanjang Grand Line. teks ini berisi tentang sejarah dunia One Piece (termasuk “Void Century” yang dilarang untuk diteliti). Cara untuk menemukannya adalah, dengan menemukan semua Poneglyphs yang tidak lain adalah dengan melakukan perjalanan, dan hanya selesai setelah mencapai akhir dunia, dengan kata lain, pulau Raftel. Gol D Roger sepertinya telah menyelesaikan tugas ini menurut Rayleigh, meskipun belum pasti apakah anggota lain dari bajak laut Roger ( Shanks dan Buggy) mengetahui sejarah dunia. Tapi sepertinya Roger tidak sanggup untuk meneruskan apa yg di minta oleh sejarah itu mengingat sakitnya yg semakin parah, maka ia menyeragkan diri kepada Pemerintah untuk di eksekusi mati, tidak lain adalah untuk memicu terjadinya era bajak laut, agar para orang2 hebat dari seluruh dunia berlomba2 mewujudkan tugasnya yg tertunda itu.

Review by #marco @OnePieceINA, dari berbagai sumber dan beberapa suntingan.

Tolong bantu sebarkan melalui twitter dan FB dengan mengklik simbol di bawah ^^v

5 thoughts on “Petunjuk dari Sejarah Yang Hilang….

  1. bagaimana rio poneglyph yang ada di bawah padang pasir alabasta di episode 102 pas zoro luffy dan choper jatuh kedalam pasir dan didalam ada reruntuhan. coba cek aja

  2. isi dari poneglyph adalah, tentang rahasia kerajaan inisial D, dan roger adlh salah satu kerajaan itu,
    kalian tau bahwa roger adalah inisial D, dan roger pernah berkata, “meski garis keturunanku terputus tp tekat untk merubah dunia tdk akan terputus” dan ternyata bkn anknya ICE yg akan merubah dunia tp adalah LUFY, dan ONEPIECE bukanlah harta karun roger, tp ONEPIECE adlah peta menuju pulau RAFTEL, , , ,
    dan RAFTEL adalah pulau terakhir, dsana terdapat, KEKAYAAN, KEMASYURAN dan KEKUATAN. . .
    kekayaan yg dimaksud adlh emas yg berlimpah,
    kemasyuran yg dimaksud adlh dpt dikenal diseluruh dunia dan dpt gelar RAJA BAJAK LAUT,
    kekuatan yg dimaksud adlh dsana terdapat bnyk buah iblis, semua tipe ada, logia, paramecia dan leopard,
    konon buah iblis hanya didapat dipulau RAFTEL, dan yg menyebarkannya keseluruh dunia adlh kelompok ROGER, sekian dari gw bro stiway musica

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s