2 Sisi Koin, Coby…


Hallo nakama, kali ini kita akan membaca review salah satu chara di one piece kiriman dari nakama kita @D2dLPU tentang coby nih, knp saya kasih judul 2 sisi koin? karna kita tau sendiri Coby adalah teman Luffy, Coby berhutang budi karna luffy menyelamatkannya dari perbudakan Alvida Pirates, tapi disisi lain Coby adalah seorang Kapten di Marine,pasti seru cekidot deh ^^v

SANG ADMIRAL MASA DEPAN

Coby setelah berlatih bersama Garp

Jujur, dia adalah character yang paling membuat saya penasaran dalam setiap perkembangannya. Mungkin, tidak banyak hal yang bisa saya review dari character ini, mengingat kemunculannya dalam cerita ini hanya sedikit. Mengawali kemunculan sebagai seorang pemuda lemah yang senantiasa di bully oleh crew bajak laut Albida, hingga pada akhirnya ia mengikuti pelatihan untuk menjadi seorang marine yang cukup tangguh, terlihat ketika pertemuannya kembali dengan Luffy di Water Seven. Dan kemunculan terakhirnya, yaitu ketika pertempuran besar di Marineford. Walaupun dia hanya menjadi seorang pecundang yang tidak bisa melakukan apapun, tapi di sinilah pertama kalinya potensi Coby dalam menguasai Kenbunshoku Haki terlihat. Kalian juga pasti ingat, hal besar apa yang Coby lakukan di Marineford. Tapi, itu kita bahas nanti aja ya, sekarang kita coba untuk, sedikit flashback dari awal kemunculannya.

Coby adalah seorang anggota Marine dengan Jabatan Kapten, dimana sebelum menjadi kapten ia menjabat sebagai Cabin Boy (ABK) bersama Helmeppo, yang kemudian di latih dengan keras oleh Garp dan mendapat jabatan Kapten Marine

Nama                            : Coby

Jabatan                         : Kapten di Marine (Sekarang)

Petugas Kabin di Kapal Marine (Dulu)

Pembantu Koki Petty (Dulu)

Alvida Pirate (Dulu)

Ulang Tahun                 : 3 Mei (SBS Vol 47)

Pengisi Suara                : Mika Doi (Versi Jepang)

 Awal Kemunculan (Chapter 2)

Coby sebelum di latih Garp

Dia adalah seorang pemuda yang memiliki cita-cita besar, yaitu untuk menegakan keadilan dan menangkap para penjahat.Coba lihat gambar di samping, kalau di ibaratkan dalam dunia RPG, dia tampak seperti porring dengan level 1, sekali tebas langsung mati (ngomong apa sih \plakk). Coby, seorang pemuda yang memiliki cita-cita untuk menjadi admiral angkatan laut, lahir tanggal 13 May. Dia mengawali kemunculannya sebagai pengurus kapal bajak laut milik Albida, dia juga yang telah menyelamatkan Luffy setelah terhisap oleh pusaran laut, dia menemukan sebuah barrel yang hanyut ke tepi pantai, yang ternyata di dalamnya adalah Luffy yang sedang tertidur. Tentu bukan keinginannya sendiri untuk menjadi pengurus kapal, itu terjadi karena ketika ia pergi memancing, tanpa di sengaja ia menaiki kapal bajak laut milik Albida. Akhirnya, dia harus rela di perbudak sebagai ganti untuk hidupnya. Dia terus menemani Luffy dalam misi penyelamatan Zorro. Pada akhirnya, setelah misi penyelamatan Zorro selesai, dengan semangat baru di dada, semangat yang di wariskan oleh Luffy padanya, Coby memutuskan untuk bergabung dengan angkatan laut bersama Helmeppo, di bawah pelatihan Garp, kakek Luffy.

Pertemuan Kembali di Water Seven (Chapter 432)

Coby menggunakan Soru

Ini adalah salah satu hal yang menarik dari One Piece, dimana setiap karakternya memiliki keterkaitan beratus2 chapter kemudian. Setelah berlatih di bawah pelatihan keras dari Garp, terlihat banyak sekali perubahan secara fisik dari Coby & Helmeppo. Coba lihat gambar di samping, Coby yang sebelah kanan, dan Helmeppo yang sebelah kiri. Di sini juga pertama kalinya Coby menunjukan teknik bertarungnya ketika mencoba untuk melawan Luffy. Untuk gaya bertarung, ia lebih mengandalkan serangan fisik dan teknik kecepatan tinggi Soru. Teknik bertarungnya sama dengan yang di gunakan Garp, terlihat ketika Luffy terkejut menerima serangan dari Coby, yang mungkin itu mengingatkannya pada teknik bertarung dari kakeknya. Kalau saya harus berpendapat, mungkin karena Garp gagal memenuhi ambisinya untuk menjadikan Luffy seorang marine yang hebat, maka dari itu Garp melampiaskannya kepada Coby karena melihat semangat Coby yang sangat besar dan begitu kuat, yang adalah semangat yang di wariskan Luffy padanya. Di sini juga pertama kalinya Coby meneriakan cita-citanya untuk menjadi seorang Admiral angkatan laut di depan Luffy, dan membuat janji dengan Luffy untuk bertarung kembali suatu saat, dan bertemu kembali di New World.

Detik Penuh Keberanian saat perang di Marineford (Chapter 579)

Coby diselamatkan dari tinju Akainu oleh Shank

Di sini, tidak banyak yang bisa Coby lakukan, kakinya bergetar melihat peperangan dengan level kekuatan yang jauh di atasnya. Dia hendak lari dari peperangan bersama Helmeppo, hingga mereka tiba di kota tempat para keluarga marine tinggal. Namun karena melihat Akainu yang menghukum mati seorang prajurit yang lari dari medan perang, merekapun menjadi lebih ketakutan dan mengurungkan niatnya untuk kabur dan kembali ke medan pertempuran. Coby menepati janjinya untuk bertarung kembali dengan Luffy, yaitu ketika Luffy berlari menerobos ke panggung eksekusi tempat Ace di tahan. Coby menghadang Luffy dengan Soru, namun level kekuatan Luffy jauh di atasnya, hingga dengan sekali pukulan di wajah Coby langsung terpental dan jatuh pingsan. Coby mulai tersadar kembali, dan beberapa saat setelah kematian Ace & Shirohige, secara tiba-tiba Coby mulai bisa mendengar dan merasakan teriakan satu-persatu dari semua orang yang tumbang di medan perang. Dengan berurai air mata, Coby mengumpulkan keberanian dan berlari ke tengah-tengah medan pertempuran untuk menghentikan peperangan sia-sia yang telah menelan banyak korban tersebut. Itulah detik-detik penuh keberanian dari Coby, detik-detik yang akan mengubah drastis masa depan dunia. Akhirnya, setelah tersadar kembali di rumah sakit, Coby memutuskan melatih kekuatan barunya itu untuk menjadi lebih kuat lagi.

Coby setelah Timeskip

Coby setelah Timeskip

Bisa dikatakan bahwa Coby adalah salah satu karakter kunci di Onepiece, Akan menjadi sekuat apa Coby setelah berhasil melatih Kenbunshoku Haki nya itu, seperti apakah penampilan dan kekuatan Coby setelah time skip, dan apakah yang akan terjadi ketika ia bertarung kembali dengan Luffy di New World. Entahlah, hanya Oda yang tau.

Review by @D2dLPU

Edited and Animation by: #marco @OnePieceINA

3 thoughts on “2 Sisi Koin, Coby…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s