Rumah Pertama, Going Merry…


Hallo mina, akhirnya kesampaian juga nih ngereview tentang Going Merry, Kapal yang mengantarkan Luffy cs ke GL nih. Apa yg terbayangkan waktu pertama kali kalian mendengar nama Going Merry? Sebuah petualangan? Tempat kekonyolan Luffy cs? atau sebuah akhir yang sangat sedih? Yah semuanya benar, Going Merry memang hanya sebuah kapal kecil dan sederhana, bajak laut yg banyak menghabiskan waktu di lautan pasti menganggap kapal mereka sebagai rumah. Begitu juga dengan Luffy cs, Merry sudah seperti rumah mereka sendiri, dengan Merry mereka berpetualang, diatas Merry mereka bertingkah konyol sehari2, dan pada akhirnya karna Merry juga mereka harus menangis.

Going Merry

Going Merry atau selanjutnya akan di sebut Merry adalah kapal pertama SHP, meskipun sebelumnya juga mereka mempunyai beberapa kapal, namun itu belum sah karna belum ada bendera bajak laut mereka (Jolly Roger). Merry pertama x muncul di Komik Chapter 41 atau Eps.17 untuk Animenya yaitu saat akan berangkat dari pulaunya Usopp. Merry adalah kapal pemberian dari seorang wanita yang bernama Kaya, dimana kapal ini di design oleh salah satu pelayannya yang bernama Merry. Kapal ini termasuk dalam kelas Caravel, yaitu kapal kecil dengan layar sebagai penggerak, karna ukurannya yg kecil, kapal2 kelas caravel ini bisa bermanuver dengan mudah.

Design Going Merry

Kita tau sendiri bahwa Merry telah mengantarkan Luffy cs pada banyak petualangan, mulai dari Logue Town, kemudian saat bertemu Laboon, memasuki GL dan berlanjut hingga Alabasta. Tapi yang paling ekstrim adalah ketika mengantarkan Luffy dkk sampai ke Skypea. Pulau yang ada diatas awan, siapa yang sangka ukurannya yg kecil justru malah mengantarkan para penghuninya kepada petualangan2 luar biasa. Dan yg lebih keren lagi adalah ketika Merry menyelamatkan Luffy dkk ketika telah terpojok di Enies Lobby. Ia datang dengan tiba2 dan tanpa ada awak yang mengemudikannya. Keren kan? Sebenarnya saya ga pengen cerita banyak tentang kapal ini, karna semuanya udah terwakilkan dengan video di bawah, tapi yah mari kita bahas sedikit yah tentang kapal ini.

Sejauh ini, dari kru SHP yang sekarang (Arc PH), hanya Brook yang belum pernah menaiki Going Merry. Dari awal keberangkatannya sampai akhir perjalanannya ada beberapa orang selain kru SHP yang pernah menumpang di kapal ini. Mereka adalah Ace, Nenek Kokoro dan cucunya serta peliharaannya, Franky yg waktu itu belum sah menjadi kru SHP, Mr.2 juga Vivi dan Carue. ehh ketinggalan tuh tukang sales sama Apis (cuma ada di Anime). Ada yg kurang? tambahin sendiri aja deh di komentar, ntar di revisi 🙂

Bedah Kapal

Nah berikut ini adlah bagian2 dari Going Merry, langsung aja yah..capek nih basa basi mulu 😀

Tempat Nongkrong

The Lounge

Tempat biasanya Luffy dkk menikmati makanan dari sanji nih, atau misalnya ada rapat dari Nami ya mereka berkumpulnya disini, terutama saat akan melewati Reverse Mountain nah mereka meeting dulu disini, ini juga tempat kendali kapal karna terdapat steer nya. Berbeda dengan kapal pada umumnya yg steernya berbentuk roda, nah kalo Merry pake Steer pole, sebuah tongkat besar yang ujungnya ada kepala domba sama kaya yang di depan kapal. Kalo mau liat versi warnanya nonton Animenya lagi deh coba ^^v

Kamar cowok

Kamar Cowok

Oke berantakan yah? selama itu kamar cowok it’s okey lah, gak jauh beda cwo di One Piece sama di dunia nyata…yang penting bisa tiduuuur hahha kamar ini letaknya di bagian bawah tiang layar utama, nah itu yg ada tulisan Mast adalah tiang layar utama, di fungsikan sebagai tangga untuk naik ke atas. Ada jendela yg menghubungkan dengan Kamar cewek yuhuuu..

Kamar Cewek

Rapi kan? Bersih kan? yaiyalah kamar cewek hahhaa sebelum Robin bergabung, cuma Nami sendiri yang make kamar ini, jadi dia Like a Queen lah, ada jendela yg tembus ke kamar cwok sih, tapi ga bakal ada yg berani ngintip Nami, tenang aja kalo nekat pasti benjol ^^v Sebenarnya ruangan ini di design Merry untuk Kaya, tapi setelah kaya menghadiahkan kapal ini kepada SHP yah cocoklah untuk Nami.

Gudang

Nah ini tempat menyimpan persediaan baik itu air, bir, makanan sampai harta karunnya Nami juga disimpan disini. Tidak usah takut karna pintu ruangan ini memiliki gembok. Letaknya diatas kamar cewek tapi di bawah Lounge, bisa dilihat dengan adanya Steering Shaft yang melingtang diatasnya. Ohh iya di ruangan ini juga terdapat meriam.

Cannnon Deck

Nah kalo yg tadi itu difungsikan sebagai gudang pangan dan supli lainnya, kalo yg ini lebih ke gudang untuk peralatan mempertahankan diri, seperti senjata, jangkar, tali dsb. Di ruangan ini juga terdapat sebuah meriam yang menghadap ke depan yg di pake dalam proses pengereman waktu hampir nabrak Laboon 😀 Yap benar, ruangan ini terletak di dek paling depan 🙂 Sebenarnya sih di ruangan ini ada katrol untuk menggulung jangkar, tapi Zoro yg kuat itu lebih memilih mengangkatnya dengan tangan dan menyangkutannya pada bagian depan Body kapal, makanya Merry cepat rusak 😦

Kamar Mandi

Kayanya ruangan ini lebih sering di pake sama Nami dan Robin, ya karna emg yg cowo2 tidak terlalu tergantung pada ruangan ini hahaha, itu yg kaya sepeda adalah pompa airnya, kalo di kayuh kaya sepeda ntar air dari bawah naik ke atas. Karna kapal ini terbuat dari kayu, makanya gaboleh sering basah, habis di pake harus langsung di keringin biar awet. Letak pompanya tau kan dmna? itu yg pernah di pake Usopp, letaknya di bawah tangga di permukaan dek, awalnya ada 1 tapi yg satu dirusakin Luffy, hmmm

Tempat duduk kapten

Yah namain gtu aja deh, soalnya yang suka duduk disini itu ya Luffy, padahal ga bisa berenang, tapi okelah sebagai kapten harus paling depan. Waktu Zoro tertidur disini Luffy marahnya bukan main, bagian ini patah saat pengereman sesaat setelah melewati Rever Mountain, yap..Laboon. bentuknya yang seperti Domba membuat kesan unyu pada kapal ini.

Kebun Jeruk Nami

Pasti tau dong pohon jeruk ini? nah ini pohon yg buat Merry makin keren, diatas kapal ada pohon jeruk wah. Ada 3 pohon dan selalu dirawat dengan baik oleh Nami, rasa buahnya juga sangat manis, tapi coba aja kalo berani metik tanpa seijin Nami. Waktu mereka kehabisan makanan aja mereka lebih memilih menahan lapar dari pada memakan jeruk itu, yap..manusia dpat bertahan beberapa hari tanpa makanan, tetapi kalo mereka memetik jeruk itu, maka mereka tamat hari itu juga 😀

Jolly Roger

Jolly Roger versi Luffy

Jolly Roger pertama yang di kenakan Merry di design oleh Luffy, tapi karna hasilnya terlalu bagus, maka kemudian di revisi oleh Ussop dan menjadi yang seperti sekarang. Dan dengan ini sah lah bahwa Merry adalah kapal pertama StrawHatPirates. Usopp juga kemudian mengembangkan Merry menjadi Flying Merry saat akan pergi ke Skypea. Dan waktu di skypea Merry yang rusak terlihat memperbaiki dirinya sendiri, seperti roh memang dan disebut sebagai Klabauterman.

Flying Merry

Klabauterman

 

 

Yah pokoknya gtu deh dalemnya Merry, nonton ulang aja lagi kalau mau liat interiornya yg lebih jelas ^^v

ada kok dari Eps.17 sampai 312,  nah untuk itu semua kisah SHP dan Merry udah di rangkum dalam video berikut, silakan menonton 🙂

Buffer dulu deh bentar, atau donlod pake IDM kalo ga mau lama 🙂

Sumber: Youtube

Uploader: zoroishida

salam #marco dari @OnePieceINA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s